Home / Berita Umum / Puting Beliung Menyapu 2 Desa di Kecamatan Tongas Probolinggo

Puting Beliung Menyapu 2 Desa di Kecamatan Tongas Probolinggo

Puting Beliung Menyapu 2 Desa di Kecamatan Tongas Probolinggo – Puting Beliung menyapu 2 desa di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Beberapa puluh rumah rusak mudah serta satu orang wafat. Diluar itu, terjangan angin pun menyapu toko waralaba dan SPBU AKR.

Salah satunya masyarakat, Anton menjelaskan bila puting beliung itu menumbangkan pohon yang lalu menerpa seseorang pengendara motor. Korban didapati bernama Abdul Rohim (30), Masyarakat Dusun Pandean RT 03/ RW 12, Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan.

“Korban langsung tertimpa pohon Pak, serta masyarakat bersama dengan mengusung pohon itu. Lantas mengevakuasi korban ke puskesmas Curah Catat, akan tetapi sayang nyawanya tidak bisa tertolong,” kata Anton Rabu (6/3/2019).

Anton menceritakan, waktu berlangsung puting beliung korban tengah mengendarai motor Honda Beat bernopol N 3484 WX. Korban berboncengan dengan sang rekan, Somat yang cuma alami luka dalam momen itu. Mereka meluncur dari arah utara.

Anton meneruskan, amukan angin yang menggulung itu berlangsung seputar jam 16.00 WIB. Menurut dia, tiupan puting beliung itu berjalan saat kira-kira 10 menit.

Aanton menceritakan, awal mulanya langit mendung serta angin berhembus kencang. Tidak lama kemudian, muncul angin berputar serta menyapu beberapa benda di sekitarnya.

“Gulungan angin tidak diduga hadir dari arah barat Pak, serta dengan singkat semua bangunan di sini luluh lantak,” tambah Anton.

Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi membetulkan terdapatnya korban jiwa serta luka dalam momen itu.

“Sampai saat ini TRC PB BPBD Kabupaten Probolinggo masih tetap lakukan pembersihan serta assesment Mas. Perubahan setelah itu akan kita berikan,” kata Anggit.

Dari pendataan sesaat, ada 30 rumah masyarakat rusak mudah serta tengah di Desa Curah Catat. Sedang di Desa Tambak Rejo ada 15 rumah.

About admin