Home / Berita Umum / Seorang Penumpang Pesawat Diamankan Saat Turun di Juanda, Gara-gara Ini

Seorang Penumpang Pesawat Diamankan Saat Turun di Juanda, Gara-gara Ini

Seorang Penumpang Pesawat Diamankan Saat Turun di Juanda, Gara-gara Ini – Seseorang penumpang pesawat terbang ditangkap waktu turun di Bandar Hawa Internasioal Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur. Penumpang yang menumpang pesawat Cina Airlines itu ditangkap sebab membawa beberapa ratus amunisi senjata api beberapa type.

“Aktor menumpang pesawat Cina Airlines CI-751 dari negara Taiwan, transit di Singapura, sebelum lalu datang di Bandara Internasional Juanda, Sabtu seputar jam 23.00 WIB,” tutur Kepala Bagian Jalinan Penduduk Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Minggu (24/2/2019).

Barung mengutarakan, aktor berinisial SP (36) masyarakat Bukit Pakis Utara, Surabaya. Beberapa barang bawaan SP dipandang meresahkan waktu melalui deteksi Cahaya X di Bandara Juanda Surabaya.

“Lalu dikerjakan kontrol dengan manual dengan membuka beberapa barang di koper yang dibawa,” tuturnya.

Waktu dicheck, petugas temukan lima bungkus meresahkan berbalut isolasi warna putih yang diletakkan diantara tumpukan pakaian di koper. Menurut Barung, lima bungkus berbalut isolasi warna putih itu sesudah dibongkar berisi keseluruhan 400 butir proyektil senjata api beberapa type. Diluar itu, ada juga bagian-bagian senjata api yang dibawa.

Barung menjelaskan, dalam penerbangan itu SP tidak sendirian. Ia bersama dengan tiga anggota keluarganya, semasing berinisial SoP, TV, serta SIP, yang semua terdata menjadi Masyarakat Negara Indonesia.

“Mereka mengakui pulang berlibur dari Oregon, Amerika Serikat. Dari sanalah beberapa ratus proyektil senjata api beberapa type ini didapatkan,” tutur Barung.

SP dalam penyidikan sudah sempat tunjukkan kartu anggota Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Nomer 1177/13/B/2017 atas namanya sendiri. Barung menjelaskan sampai sekarang ini penyidikan masih tetap berjalan.

“Kami menyangka beberapa ratus amunisi proyektil serta bagian-bagian senjata api itu dibawa masuk ke Indonesia dengan ilegal,” ujarnya.

About admin