Home / Berita Umum / BNPB Kirimkan Heli untuk Bantu Pemadaman Kebakaran di Gunung Sumbing

BNPB Kirimkan Heli untuk Bantu Pemadaman Kebakaran di Gunung Sumbing

BNPB Kirimkan Heli untuk Bantu Pemadaman Kebakaran di Gunung Sumbing – Tubuh Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali mengirim helikopter untuk menolong proses pemadaman kebakaran di Gunung Sumbing. Helikopter type Kamov 32A11BC itu gagasannya untuk menukar helikopter Bolkow 105 yang telah dihadirkan awal mulanya.

Helikopter Bolkow 105 didapati tidak dapat lakukan pemadaman sebab terhalang medan serta ukuran.

“Helikopter Kamov 32A11BC telah datang di Lapangan Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung Minggu (16/9) siang. Heli dihadirkan langsung dari Jambi,” tutur Plt Kepala Pelaksana Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi, Senin (17/9/2018).

Gito mengatakan, helikopter Kamov akan menolong proses pemadaman barah di Gunung Sumbing dengan cara bom air (water bombing). Sedang heli Bolkow 105 masih disiagakan di Temanggung untuk menolong pemantauan titik barah.

“Heli kamov ini ukurannya semakin besar serta mempunyai kemampuan daya tampung air semakin banyak. Heli ini dapat mengangkat air sekitar 5.000 liter,” papar Gito.

Sebab daya tampungnya yang besar, sumber air yang akan diambil juga ditukar. Dari awalannya Telaga Menjer ditukar Waduk Wadaslintang di Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo.

“Sebab pesawat heli ini semakin besar dari yang di kirim awal mulanya, karena itu jika ambil air dari Embung Kledung atau Telaga Menjer tidak sangat mungkin,” tuturnya.

Menurut Gito, helikopter Kamov akan mulai lakukan proses pemadaman di Gunung Sumbing ini hari. Awal mulanya, proses pemadaman masih tetap dikerjakan dengan manual karena hambatan perlengkapan serta sumber air yang jauh.

About admin