Home / Berita Umum / Amien Rais,Rizieq Shihab Akan Hadir

Amien Rais,Rizieq Shihab Akan Hadir

Amien Rais,Rizieq Shihab Akan Hadir – Aksi bela Islam pada Jumat (31/3/2017) akan dihadiri oleh pemimpin Front Pembela Islam Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq dan mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Amien Rais.
Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam Muhammad al Khaththath mengatakan, aksi demi menuntut terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diberhentikan sebagai Gubernur DKI Jakarta itu, terbuka untuk siapa pun. Rencananya, aksi akan dihdiri beberapa tokoh, seperti Habib Rizieq dan Amien Rais.
“Besok undangannya terbuka kepada siapapun, ulama, habaib, pimpinan ormas. Tokoh nasional Amien Rais dan Habib Rizieq akan hadir,” ujar al Khaththath di Masjid Baiturrahman, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).
Sebelum merencanakan aksi 313, ucap al Khaththath, dia telah mengadakan pertemuan dengan Habib Rizieq dan Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi).
“Saya bertemu Habib Rizieq bersama Parmusi mendiskusikan 313. Mudah-mudahan Habib Rizieq bisa datang. Mudah-mudahan tidak ada yang menghalangi,” ujar al Khaththath.
Aksi diadakan demi menuntut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberhentikan terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.
Hal itu mengacu pada Pasal 83 ayat (1) Undang-Undang Pemerintahan Daerah, yang poinnya, seorang kepala daerah harus diberhentikan sementara, ketika sudah berstatus terdakwa suatu perkara.
Rencananya, para peserta aksi akan berkumpul di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Setelah melaksanakan Salat Jumat, mereka akan long march atau jalan kaki bersama ke Istana Merdeka. Jalan yang akan dilalui dari Masjid Istiqlal, yakni Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Barat, hingga sampai depan Istana Merdeka.
Sebagai panitia penyelenggara, FUI belum bisa memastikan berapa jumlah peserta unjuk rasa. Perkiraan mereka mencapai 100.000 massa.
Peserta aksi berasal dari pelbagai wilayah di Indonesia, misal Maluku, Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi, dan Sumatera.
Untuk pengamanan, FUI sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya serta Mabes Polri.
“Hari ini, koordinator lapangan kita akan megambil tanda terima pemberitahuan aksi di Mabes Polri,” ujar al Khaththath. Selain pengamanan dari kepolisian, FUI juga menyiapkan pengamanan sendiri dari jawara Banten.

About admin